Tips Memilih Sekolah Lanjutan

Kakak ucapkan selamat kepada adik-adik yang telah menyelesaikan Ujian Nasional. Kakak bantu do’a semoga kamu semua lulus sekolah. Nah……..sambil nunggu pengumuman, daripada bengong atau ngelakukan hal-hal yang sia-sia dan membuang-buang waktu, maka disini kakak mau berbagi tips tentang HOW TO CHOOSE THE SCOOL? Bagaimana memilih sekolah? atau Piye milih sekolahan? atawa kepriben milih sekolahan?

mengapa sih kak, memilih sekolahan ajza pakai tips dan trik?

jawabanya adalah………..dung.dung.dung.dung………

Agar supaya kamu tidak “tersesat” pada sekolah yang asal-asalan dalam mengelola pendidikan yang pada ending-nya kamu bakal menyesal selama-lamanya………………….

catat tips dari kakak berikut ini;

SATU:  Kenali diri kamu dulu sebelum nentuin kamu mau sekolah keMENONG?

maksud kakak, kamu tuh kepengene sekolah kejuruan apa sekolah umu?

kalau jawaban kamu NGGAK TAHU ALIAZ BINGUUUUUUNG………..maka ikuti tips kedua,

DUA: kamu minat kuliyah (bukan mikuli uyah atawa kuli payah), maksudnya setelah lulus SMA nanti kamu mau nerusin untuk kuliah apa nggak? apa pengen langsung kerza ajza? kalau emang ada gambaran ntar mau kuliah, maka pilih sekolah yang UMUM (SMU). bukan berarti kalau ke SMK nggak bisa ngelanjutkan kuliah……..mau kuliah ke SMK dulu juga boleh…..bisa………bagusssssssss.

EITZ…….dalam milih SMU kamu juga harus pakai strategi, kalau kamu masuk dalam strata PINTER BANGETZ, bolehlah kamu usahakan daftar ke SMA yang unggulan (tapi perlu diinget, sekarang ini sekolah unggulan biasanya MAHAL) kantong orang tua kamu tebel kagak? harus juga kamu perhatikan, sebab kalau kamu paksakan sekolah di sono, sementara ortu kamu bukan konglomerat tapi fukere, walau kamu pinter banget ntar kamu bakal kesulitan sendiri. YA BEGITULAH PENDIDIKAN DI NEGERI INDONESIA RAYA KITA INI. tahu sendiri kan?

LEBIH AFDHOL kalau kamu pilih sekolah yang udah mapan, ada jaringan ke perguruan tinggi (agar bisa masuk peserta bidik misi) tapi kamu juga bisa berprestasi di sekolah. KALAU KAMU GA PINTER BANGET terus sekolah di SMA sedang-sedang saja, maka kamu bisa ngejar prestasi, kalau bisa dapat peringkat atas tentu kamu akan diperhitungkan dalam daftar peserta nominasi masuk PT, asyikkan?

TAPI……………………………………….,kalau kamu kebetulan berasal dari keluarga pas-pasan, and ga ada gambaran untuk kuliah, maka pilihlah SMK (SMK BISA!!!), tentu karena alumni SMK lebih siap kerja. Usahakan juga masuk SMK yang usah nerapkan ISO. untuk apa? agar kamu terjamin lansung bisa dapat pekerjaan setelah lulus nanti……..

TIGA: Kalau kamu masuk dalam kategori gak begitu pinter (baca: nilai UN kamu jelek), kakak sarankan sekolah di sekolah keagamaan, macam MA-lah (Madrasah Aliyah).

pasti kamu akan bilang GAK GAUL KAK………

tunggu dulu………..

dengan sekolah di MA kita akan dapat banyak bekal untuk hidup di masyarakat. kamu bisa dapet ilmu untuk kebahagiaan dunia sekaligus kebahagiaan akhirat. ketimbang SEKOLAH DI SMA YANG GA JELAS,

lebih-lebih kalau kamu CEWEK……….dengan bersekolah di MA, KAMU BAKAL PUNYA BEKAL UNTUK menjadi wanita solihah, untuk melahirkan generasi yang SHOLIH-SHOLIHAH…………

BEGITU DULU TIPS KAKAK…….SEMOGA MANFAAT.

Posted in Uncategorized. 2 Comments »

2 Responses to “Tips Memilih Sekolah Lanjutan”

  1. oktayayas Says:

    saranya luar biasa
    tetapi apabila dari anak itu sendiri ada motivasi untuk kuliah tetapi orang tua tak mendukung dan sebaliknya kalau orang tua ada biaya tapi malah anak yang malas2 untuk kuliah karena malas dan lain sebainya

    • jay Says:

      Jadi orang tua repot juga ya,,,mulai dari kandungan lalu membesarkan sampe2 dah mau dewasa menentukan …
      langkah nya juga…kalo mau bantu anak biar masuk PNS.ada cara n kiat nya gak ya ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: