Abraham Samad : Penganut Islam Garis Keras?

Abraham Samad resmi terpilih menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mengalahkan 3 pesaingnya dengan perolehan 43 suara, pria yang baru berusia 45 tahun ini diharapkan bisa memimpin lembaga KPK untuk memerangi kasus korupsi yang sudah menjadi budaya di negeri ini.

Siapakah Abraham Samad? Berikut profil Abraham Samad, Ketua KPK 2011:

Dikenal antikorupsi, Samad menjadi penggagas Anti Corruption Committee di Sulawesi Selatan. Ia juga pernah menerima perlakuan buruk akibat membongkar kasus korupsi dengan walikota Makassar sebagai tersangkanya. Akibatnya, rumah dan usaha istrinya pun dirusak orang.

Pria S-3 ini mengaku dekat dengan kelompok Islam garis keras seperti Komite Perjuangan Penegakan Syariat Islam Sulawesi Selatan, Hisbut Tahrir Indonesia, Laskar Jundullah, dan Abu Bakar Ba’asyir. Namun ia membantah saat diduga terlibat afiliasi dengan partai politik.

Sebelum terpilih, ia berani mengucapkan kata “gantung” dan “libas” saat uji kelayakan dan kepatutan calon Ketua KPK. Samad hingga kini masih aktif sebagai advokat dan termasuk advokat berlatarbelakang LSM. Ia pun menjabat sebagai Koordinator ACC (Anti Corruption Committee).

Biodata Abraham Samad:
– Nama Lengkap: DR. Abraham Samad S.H
– Tempat & tgl lahir: Makassar, 27/11/1966
– Profesi: Ketua KPK (dilantik 17 Desember 2011), Koordinator Anti Corruption Committee Sulsel, Advokat
– Pendidikan: S-1, S-2, S-3 Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar. Meraih gelar doktor pada 2010
– Istri: Indriana Kartika

Abraham-Samad-Ketua-KPK-2011Lantang dan berani, Abraham Samad terpilih menjadi Ketua KPK 2011

Janji Abraham untuk Indonesia:
– Menuntaskan kasus Bank Century.
– Pemberantasan korupsi yang berfokus di bidang pertambangan dan pajak.
– Jika kerjanya tak maksimal dalam rentang waktu setahun, ia siap mundur.
– Siap di-Antasari-kan

Yang unik dari seorang Abraham Samad, ialah kisah sebelum ia terpilih menjadi Ketua KPK. Abraham membeli sebuah mobil Toyota Fortuner baru berwarna putih yang tercatat dibelinya pada Agustu 2011 kemarin.

Ia sengaja membelinya agar jika kelak terpilih menjadi Ketua KPK, dirinya tak dikait-kaitkan soal mobil barunya tersebut.

Menurut istrinya, Samad adalah tipe orang yang sangat sederhana. Bahkan dulu ia dan suami harus berpindah-pindah menghuni rumah kontrakan sebelum menempati rumah warisan dari orang tuanya yang seorang Bupati Mamuju tahun 1989-1994.

Islam Fundamentalis?

Abraham Samad dikenal sebagai kader HMI dan sebagai advokat pembela grass root. Sejumlah kasus besar pernah memunculkan namanya diantaranya pernah membela terdakwa Bom Makassar Kaharuddin dan Muhtar Daeng Lau. Serta ikut membela terduga teroris Agus Dwikarna yang pernah ditangkap pemerintah Filipina.

Seorang pemikir muda dari Makassar, Yusran Darmawan, dalam blog-nya Kompasiana menyebut di luar aktivitasnya sebagai lawyer, Abraham gemar membaca buku berwacana ke-Islaman sampai-sampai dia mengidolakan pemimpin Iran, Rafsanjani, dan mengabadikan nama itu sebagai nama anaknya.

Maka muncul selentingan kabar bahwa Abraham adalah penganut Islam Fundamentalis?. Benarkah itu, sejauh ini masih perlu konfirmasi lanjut.

Namun yang pasti, Abraham tetaplah si Openg. Dia dikenal egaliter, bergaul dengan seluruh elemen masyarakat di Makassar dari buruh, tukang becak, wartawan, anggota DPRD dan lainnya. Dikenal tegas dan kadang blak-blakan dalam mengemukakan pendapat, Si Openg kini menjadi tokoh terkenal se-antero Indonesia.

Bahkan cerita itu masih tersimpan sampai sekarang. Tatkala Si Openg ketika suatu hari pernah diundang oleh DPRD Makassar namun di tengah hearing dengan Dewan, Openg membakar dokumen APBD depan Dewan. “Cerita itu masih membekas sampai sekarang di kalangan kawan-kawan. Beliau sangat tegar membela yang tertindas. Insya Allah tidak berubah sampai sekarang,” tegas Agus Amri, sahabat Ketua KPK Abraham Samad kepada Tribunnews di Jakarta, Sabtu (3/12/2011).

sumber :

1. http://gugling.com/2011/12/04/profil-abraham-samad-ketua-kpk-2011-yang-dikenal-lantang-dan-berani/

2. http://www.tribunnews.com/2011/12/03/abraham-samad-penganut-islam-fundamentalis

14 Responses to “Abraham Samad : Penganut Islam Garis Keras?”

  1. David Says:

    Dukung penuh untuk Abraham Samad ….. bila cerita ini benar.

  2. imam arif Says:

    Kita do’ain trus konsisten. kita sebagai anak bangsa, sangat haus dan butuh pemimpin tegas dan ga pandang bulu. Mudah2an ga berakhir tragis. krn biasanya typical pemimpin kaya gitu, banyak penjahat kerah putih yg pengin cepet2 ‘ngabisin’ dg segala cara. kita dukung terus perjuangan Abraham Samad. Kalo perlu kita dukung jadi calon presiden. Negeri ini butuh perubahan mendasar dengan pemimpin yg ga cuma beretorika. Merdeka….,, gantung koruptor

  3. tony hartanto Says:

    Siapapun,apapun orangnya,yg penting ia beragama dan berakhlak,taat kepada agamanya wajib kita dukung d kpk…..karena koruptorlah yg bikin negara ini hancur…

  4. Endi Says:

    Merinding….baca biograpynya. Kami mendukung pemberantasan korupsi. Libas dan gantung

  5. muslimin Says:

    salah satu solosi menekan kemiskinan dinegeri ini adalah mencabut semua harta hasil korupsi para pejabat dari berbagai tingkatan kemudian hasilnya di kompensasikan buat membiayai pengentasan salah satu solosi menekan kemiskinan dinegeri ini adalah mencabut semua harta hasil korupsi para pejabat dari berbagai tingkatan kemudian hasilnya di kompensasikan buat membiayai pengentasan salah satu solosi menekan kemiskinan dinegeri ini adalah mencabut semua harta hasil korupsi para pejabat dari berbagai tingkatan kemudian hasilnya di kompensasikan buat membiayai pengentasan salah satu solosi menekan kemiskinan dinegeri ini adalah mencabut semua harta hasil korupsi para pejabat dari berbagai tingkatan kemudian hasilnya di kompensasikan buat membiayai pengentasan kemiskinan

  6. Maza Says:

    Salut buat Abraham Samad,dukung 1juta %,tegakkan kebenaran di Bumi Pertiwi tercinta ini.

  7. sukri majja" Says:

    Kepada bapak abraham samad maju terus kami sllu mendukung dan bila diperlukan kami siap jadi PAkLapa” BaRaMbang”

  8. Hkazama Says:

    Maju terus pantang mundur… .Libas, gantung, potong jari…

  9. nikmatullah hamid Says:

    Siang Bang Abraham Samad, Penganut Islam Garis Keras berarti Bang A Samad berani ambil tindakan kalau itu benar. dan kapan ada putusan Bank Century ? Baharudin Lopa : Jabatan tidak perlu tapi dengan kebenaran jabatan itu datang sendiri.Salam

  10. marwan Says:

    Ilove you to ..samad

  11. abe Says:

    Siap di-antasari-kan. Hati-hati, sebab sumpah tsb tidak semudah yang diucapkan. Apalagi kalau sudah kenal dengan Prabowo.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: