Sabar

A.   SABAR
1.       Pengertian Sabar

Sabar dalam arti bahasa adalah menghadapi cobaan (tidak lekas marah, tidak lekas putus asa), dan tabah. Adapun seara istilah adalah menahan diri dari segala sesuatu yang tidak disukai karena mengharap ridlo Allah SWT. Firman Allah SWT dalam Surah Lukman ayat : 17. Yang artinya : “Bersabarlah terhadap musibah yang menimpa kamu sesungguhnya yang demikian itu adalah sebaik-baiknya pekerjaan.’ (QS. Luqman : 17)

Dalam ayat tersebut, sebagai muslim kita dituntut untuk bersabar terhadap musibah atau cobaan, seperti kematian, sakit, kelaparan atau kegagalan atas sebuah cita-cita.Namun demikian, tidak berarti kita hanya bersabar  terhadap hal-hal yang tidak disukai tetapi bisa juga berupa hal-hal yang disukai misalnya segala kenikmatan duniawi. Sabar dalam hal ini berarti menahan dan mengekang diri dari memperturutkan hawa nafsu.

Menurut Imam Al Ghazali, sabar merupakan ciri khas yang dimiliki manusia. Binatang tidak memerlukan sabar karena diciptakan tunduk sepenuhnya kepada hawa nafsu, bahkan hawa nafsu itulah satu-satunya yang mendorong binatang untuk bergerak atau diam. Sedangkan malaikat, tidak memerlukan sifat sabar karena memeng tidak ada hawa nafsu yang harus dihadapinya. Malaikat cenderung kepada kesucian, sehingga tidak diperlukan sifat sabar untuk memelihara dan mempertahankan kesuciannya itu.

2.       Macam-Macam Sabar

Menurut Yusuf Al Qardawi dalam bukunya As Sabr fi Al Quran, sabar dapat dibagi menjadi enam macam, yaitu :

1. Sabar Menerima Cobaan Hidup

Cobaan hidup baik fisik maupun  nonfisik akan menimpa semua orang, seperti lapar, haus, rasa sakit da kerugian harta. (lihat firman Allah SWT QS.Al Baqarah ayat 155-156). Oleh karena itu, untuk dapat bertahan hidup di dunia ini dibutuhkan kesabaran dan ketegaran.

2. Sabar dari Keinginan Hawa Nafsu

Hawa nafsu menginginkan segala macam kenikmatan hidup, kesenangan dan kemegahan dunia. Untuk mengendalikan segala keinginan itu diperlukan kesabaran. Jangan sampai keseangan hidup di dunia ini, berupa harta benda dan anak-aak menyebabkan seseorang lalai dari mengingat Allah SWT. (lihat firman Allah SWT QS Munafiqun ayat 9

3. Sabar dalam Taat Kepada Allah SWT.

Dalam hal beribadah kepada Allah SWT juga diperlukan kesabaran yang berlipat gandsa mengingat banyaknya rintangan yang menggoda, baik dari dalam maupun dari luar diri kita, seperti rasa malas, mengantuk dan kesibukan yang menyita waktu kita untuk beribadah. (lihat firman Allah SWT QS. Maryam : 65)

4. Sabar dalam Berdakwah

Jalan untuk berdakwah cukup melelahkan dan penuh dengan ujian, seperti penghinaan dari orang-orang yang menyuklainya. Oleh karena itu diperlukan kesabaran yang luar biasa dalam diri seorang dai untuk menyampaikan kebenaran. (lihat firman Allah SWT QS. Luqman : 17)

5. Sabar dalam Perang

Dalam peperangan sangat diperlukan kesabaran, apalagi menghadapi musuh yang lebih banyak atau lebih kuat. Sekalipun dalam keaadaan terdesak, seorang prajurit islam tidak boleh lari meninggalkan medan perang, kecuali hanya sebagai taktik semata. (lihat firman Allah SWT QS Al Baqarah :177)

6. Sabar dalam Pergaulan

Dalam pergaulan sesama manusia, baik antara suami istri, orang tua dan anak, sesama tetangga, murid dan guru atau dalam masyarakat yang lebih luas, akan ditemui hal-hal yang tidak menyenangkan atau menyinggung perasaan. Oleh karena itu, diperlukan kesabaran supaya tidak cepat marah atau terhindar dari putusnya hubungan silaturrahmi.(lihat firman Allah SWT QS An Nisa’ : 19)

3.       Contoh-Contoh Perilaku Sabar

Berikut ini adalah contoh-contoh yang menampilkan perilaku sabar.

  1. Menerima dengan rasa syukur semua nikmat maupun ujian yang diberikan Allah SWT kepada kita.
  2. Mengalah untuk kepentingan orang lain
  3. Dapat menguasai nafsu amarah yang ada dalam diri kita
  4. Memperhatikan cara bergaul dengan baik di dalam masyarakat
  5. Jangan terlena oleh kehidupan duniawi, seperti harta, benda atau keluarga.

4.       Manfaat Sabar dalam Kehidupan

Sabar memiliki manfaat yang sangat penting dalam kehidupan ini. Sabar dapat menjadikan kehidupan ini penuh kesejukan, dapat mengubah dunia penuh kedamaian. Adapun manfaat-manfaat sabar dalam kehidupan diantaranya :

  1. Mendorong tercapainya cita-cita
  2. Mendapatkan kebahagiaan dan keberuntungan
  3. Memiliki semangat hidup dan tidak mudah putus asa
  4. Dapat menciptakan kedamaian hidup
  5. Terhindar dari hal-hal yang buruk, selamat dari godaan hawa nafsu

3 Responses to “Sabar”

  1. Syadiashare Says:

    Perlu akal yang jernih untuk bisa menahan dan terus bersabar.

    Sabar itu susah, tapi sangat banyak hikmah kebaikan yang kembali pada diri kita sendiri tanpa kita sadari.

    Posting yg manfaat.

    Salam kenal, admin http://pusatteknologi.com

  2. Rini Aisyila Says:

    cukup tenang dan mengelus dada . . . . . . .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: