Shalat Istikharah

    1. Pengertian Salat Istikharah

    Secara bahasa, istikharah berarti mohon dipilihkan. Jadi salat istikharah mengandung pengertian melaksanakan salat sunah dua rakaat dengan maksud untuk memohon petunjuk dari Allah SWT dalam menentukan pilihan terbaik di antara dua pilihan atau lebih.

    Suatu saat kita dihadapkan pada dua atau lebih pilihan yang sama-sama baik dan sulit menentukan mana yang terbaik, padahal menyangkut persoalan yang mempunyai pengaruh terhadap kehidupan kita di masa yang akan datang seperti, memilih sekolah, pekerjaan, jodoh, dan yang lainnya. Oleh karena itu sebagai orang yang beriman kita harus yakin bahwa hanya Allah SWT yang paling mengetahui persis mana yang terbaik di antar sekian plihan itu. Kamu masih ingatkan, bahwa Allah SWT mempunyai sifat wajib ilmu dan aliman yang maksudnya Maha Mengetahui. Jadi Allah SWT merupakan Dzat yang mengetahui segala sesuau yang telah terjadi maupun yang akan terjadi.

    Untuk lebih jelasnya simaklah penjelasan mengenai salat istikharah ini, bila suatu saat kamu menemui kesulitan dalam menentukan pilihan maka lakukan salat istikharah untuk memohon petunjuk dari Allah SWT,  pilihan mana yang terbaik.

    1. Hukumnya

    Hukum melaksanakannya adalah sunah, sebagaimana hadis Rasulullah SAW :

    كَانَ رَسُوْلُ اللهِ يُعَلِّمُنَا اْلإِسْتِخَارَةَ فِي اْلأُمُوْرِ يَقُوْلُ اِذَا هَمَّ اَحَدُكُمْ بِاْلاَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ (رواه البخارى)

    Artinya :“Rasulullah s.a.w. mengajarkan kepada kami untuk meminta petunjuk dalam beberapa erkara yang penting. Beliau berkata, “Apabila salah seorang di antara kamu menghadapi suatu perkara hendaklah ia salat dua rakaat.” (HR. Bukhari)

     

    1. Tata Cara Pelaksanaannya

    Tata cara pelaksanaan salat istikharah adalah sebagai berikut :

    1. Jumlah rakaatnya hanya 2 rakaat.
    2. Dilaksanakan secara munfarid (sendirian).
    3. Waktunya pagi, siang, atau malam hari.

    Panduan Praktek Shalat Istikharah

    1. Berniat salat Istikharah

    ¨   Bacaan niatnya apabila diucapkan adalah :

    أُصَلِّي سُنَّةَ اْلإِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ للهِ تَعَالى

    “Saya berniat salat istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

    1. Takbiratul ihram
    2. Salat dua rakaat seperti biasa.
    3. Salam.

    Dilanjutkan dengan membaca doa salat istikharah :

    اَللّهُمَّ إِنِّيْ اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ , وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ اَقْدِرُ , وَتَعْلَمُ وَلاَ اَعْلَمُ , وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ , اَللّهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَ اْلاَمْرَ خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَ اْلاَمْرِ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِيْ , فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ , وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيْ خَيْرِ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ ارْضِنِيْ بِهِ

    Artinya : “Ya Allah hamba mohon memilihkan mana yang baik menurut Engkau ya Allah. Dan hamba mohon Tuhan memberikan kepastian dengan ketentuanMu dan hamba mohon dengan kemurahanMu yang besar dan agung, karena sesungguhnya Tuhan yang berkuasa. Sedang hamba tidak tahu dan Tuhanlah yang maha mengetahui bahwa persoalan ini baik bagiku dalam agamaku dan kehidupanku, dan baik pula akibatnya bagiku, maka berikanlah perkara ini kepadaku dan mudahkanlah ia bagiku, kemudian berikanlah keberkahan di dalamnya, Ya Allah jika Engkau mengetahui bahwa jika hal ini tidak baik bagiku bagi agamaku dan kehidupanku, dan tidak baik akibatnya bagiku maka jauhkanlah hal ini dariku, dan jauhkanlah aku darinya. Dan berilah kebaikan di mana saja aku berada, dan jadikanlah aku orang yang rela atas anugerahMu.”

Posted in Uncategorized. Tags: . 6 Comments »

6 Responses to “Shalat Istikharah”

  1. armi Says:

    thanks

  2. armi Says:

    pembahasan ini sudah bagus n makasih y,,, sy dah ambil bhn@ tuk tugas kuliah

  3. ika Says:

    klo mau slat istikharah apa harus dbrengi dgan slat sunah lainnya?

    • sugito78 Says:

      dari sumber yang ada, nampaknya ndak harus dibarengi sholat lain, tapi kalau mau dibarengi sholat lain, semisal sholat tahajud, sholat syukrul wudlu, tahiyat masjid. Boleh saja.

  4. SUMI CYANK MUHRIM Says:

    Assalamu’allaikum

  5. Fitri Arni Says:

    doanya harus yang di atas or boleh pake bahasa kita aja trus buat minta petunjukknya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: