Metode Ceramah, “Siapa Bilang Membosankan?”

Oleh :WIYONO, S.Pd

wiyonospd-civiceducation.blogspot.com

Menggeluti profesi Guru memang harus panjang akal dan kreatif berkaitan dengan metode pengajarannya, mengingat metode sangat penting dalam keberhasilannya mencapai tujuan pembelajaran. Ceramah kata ahli pendidikan dan tokoh pendidikan dirasa merupakan metode konvensional yang telah jadul… wooow siapa bilang. Metode ceramah masih ok, sebagai metode apabila diselingi dengan penyedap rasa dan bumbu dengan aroma menarik .
Nih tulisan yang saya repost dengan tujuan untuk disebarluaskan siapa tau bermanfaat, bagi para Guru dan peminat dunia pendidikan. Diambil dari sobat KOMPASIANER, yang ikut meramaikan blog kroyokan ini.
Anda seorang guru? Ustadz? Motivator? Atau profesi lain yang sebangsa dengan tukang ceramah? Jika anda salah satu dari mereka tentu pernah menjumpai salah satu audience anda mengantuk, bicara sendiri, atau lebih memilih asik memainkan hapenya dibandingkan harus mendengar celoteh anda? Apabila hal tersebut menimpa anda bagaimanakah cara mengatasinya? sudahkah anda menemukan cara yang tepat? sudahkah solusi yang anda tawarkan cukup efektif dan efisien?

Kali ini saya akan menawarkan beberapa tips praktis, mudah, murah, dan bisa dipraktekkan langsung kepada audience anda. tips ini saya peroleh dari berbagai bacaan, seminar, dan pengalaman pribadi. berapapun usia peserta anda, sudah saatnya anda menjadi raja di panggung anda. Inilah kiat-kiat yang patut anda coba.
1.    Pastikan suara anda terdengar. Bagaimana mungkin anda akan menjadi raja, jika suara anda kalah oleh suara hujan? suara deru mesin? dan suara-suara lain yang mengganggu. Jadi sebelum anda memulai, pastikan sound system yang anda gunakan berfungsi dengan baik dan dapat menyampaikan pesan anda dengan volume yang cukup sesuai perkiraan jumlah audien dan tingkatan umurnya. jika audien anda adalah anak-anak, maka suara yang agak kencangsangat membantu. pastikan operator anda memahami hal itu.
2.    Berilah kejutan. Jika audien anda mulai resah gelisah. Duduk tak enak Diam tak nyaman. melek enggan merem-pun segan. maka sudah saatnya anda memberikan kejutan! tak ada salahnya, jika anda tiba-tiba berteriak “DOR!” bisa dipastikan, audien akan memperhatikan anda, kecuali memang yang bermasalah dengan telinganya.
3.    Ajukan pertanyaan mendadak. mengajukan pertanyaan pada peserta baik yang serius mengikuti maupun yang setengah hati akan sangat membantu anda mendapatkan perhatian kembali. peserta akan sigap mempersiapkan diri kalau-kalau dia menjadi sasaran buruan anda hari itu. peserta akan sedikit memasang wajah gugup. tidak apa-apa.. karena anda akan mendapatkan lagi posisi Raja hari itu.
4.    Jangan ragu untuk berjalan mendekat. Dekatilah peserta anda. berjalanlah menerobos barisan manusia. dan tancapkan keyakinan di hati mereka dengan cara memandangnya dengan penuh semangat! sapulah denagn mata anda semua sudut ruangan di mana ada peserta anda di sana. denagn begitu, secara otomatis, peserta akan mendapatkan transfer energi dari anda. ada kontak batin yang telah anda sepakati dari mata anda.
5.    Berikan Pujian. jangan gensi untuk memberikan pujian pada peserta yang terlihat serius, tegang, dan aneh sekalipun. karena hal itu akan membantu anda menarik perhatian audien untuk bertanya-tanya, komentar apa lagi ya yang akan anda lontarkan? dan apakah saya juga akan dipuji? pujilah!dan dapatkan perhatian mereka dalam hitungan detik!
6.    Berikan hadiah. doorprice tidak harus anda bagikan di akhir acara. anda pemiliknya! anda berhak membagikannya kapanpun anda suka! hadiah memang selalu mencuri perhatian. dari yang kaya sampai yang miskin. dari si kecil sampai aki-aki.
7.    Anda perlu memberi selingan. anda bisa menyanyi? itu bagus. anda bisa menirukan suara-suara aneh? itu lebih bagus. anda bisa bermain drama? itu bagus sekali. sesekali anda bisa mnampilkan bakat terpendam anda untuk menarik perhatian audien. ajaklah mereka bersama-sama menyanyikan lagu faforit anda. atau ajaklah mereka melakukan drama sebentar. dan praktis. anda akan mendapatkan posisi anda kembali di hari itu.
8.    Berterimakasihlah.Terimakasih adalah salah satu ungkapan ringan yang sering dilupakan. berterimakasihlah, karena dengan ucapan pendek itu, siapapun yang dituju akan menghargai anda. ini adalah salah satu mantra peluluh yng sering dilupakan orang.
Oke. Semoga tips di atas bisa membantu penampilan anda saat tampil di panggung yang anda bangun.tentu saja ini hanya sedikit trik dari ribuan solusi yang lain. Semoga bisa menginspirasi penampilan anda selanjutnya.
Terimakasih sudah meluangkan waktu anda untuk mampir ke sini… di samping hal di atas, kepercayaan diri anda adalah kekuatan magis yang akan menyulap anda sebagai sosok kharismatik yang sayang untuk dilewatkan. Dan jangan lupa, mohonlah pada Allah SWT agar senantiasa diberi kemudahan.
Posted in Uncategorized. Leave a Comment »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: